How Should I Dress For the Office?

Apa pakaian kantor kamu hari ini?

Dulu, sekitar tahun 90’an pakaian ke kantor pasti tidak jauh dari kemeja yang rapi, celana hitam lengkap dengan sabuknya, atau blazer tebal dipadu dengan rok hitam setinggi lutut. Percaya atau tidak, mode pakaian seperti itu masih bertahan hingga hari ini. Buktinya, masih banyak perusahaan yang masih berkiblat ke arah sana meski kini zaman mulai menuntut banyak perubahan, termasuk soal gaya berpakaian di kantor.

Memang tidak bisa kita pungkiri, pakaian yang dikenakan akan mendefinisikan banyak hal. Mulai dari jenis kelamin, latar belakang, hingga musik kesukaan. Masih ingat celana potongan “cutbray”, kan? Kalau ada orang yang mengenakan model celana cutbray, pasti kamu langsung teringat dengan Elvis Presley.

Meskipun masih banyak perusahaan yang mengatur gaya berpakaian karyawannya, hari ini sudah banyak perusahaan yang membuka diri dan berusaha keluar dari kesan formal yang kaku dan kuno. Berkat “Serangan Millenial”, banyak perusahaan besar akhirnya berani untuk membuka diri dan membebaskan karyawannya untuk berpakaian agar suasana dan budaya yang terbangun di perusahaan lebih bersifat millenial-friendly. Beberapa diantara perusahaan tersebut mem-brandingnya dengan sebutan “Smart Casual”.

Smart Casual” itu apa sih?

Smart casual dapat didefinisikan sebagai gaya berpakaian yang santai, namun masih terlihat berwibawa. Biasanya smart casual merupakan paduan dari celana chino atau jeans, dengan polo shirt atau kemeja santai. Untuk laki-laki, chino biasanya lebih dipilih daripada jeans karena alasan warna yang lebih variatif dan relatif lebih murah.

Salah satu masalah yang sering ditemui saat memutuskan untuk memilih gaya smart casual adalah banyak merk menawarkan jenis dan desain yang seringkali tidak sesuai dengan selera. Atau terkadang celana yang ingin dibeli sudah sesuai dengan selera, tapi lebar pinggang dan panjang celana tidak sesuai dengan ukuran yang dimiliki. Hasilnya, banyak waktu yang terbuang hanya karena celana idaman harus dibawa ke tukang jahit untuk disesuaikan kembali.

Oleh karena itu, Kasual bisa menjadi jawaban kamu untuk tampil bergaya di kantor tanpa harus mengorbankan banyak biaya, waktu, dan tenaga. Kasual memiliki banyak warna yang ditawarkan, ada lebih dari 30 warna yang bisa dikustomisasi sesuai dengan gaya celana yang kamu inginkan. Mulai dari bahan, ukuran warna hingga model celana jenis apapun dapat kamu sesuaikan dengan harga yang relatif terjangkau.

Nah, sudah tahu hari ini mau pakai celana apa ke kantor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *